5 Negara Eropa Dengan Penduduk Muslim Terbanyak

Islam saat menjadi agama terbesar kedua di Eropa setelah Kristien. Ada beberapa negara di Eropa populasi muslimnya meningkat dengan drastis dalam beberapa tahun terakhir. Penyebaran agama Islam di Eropa sendiri terjadi dengan beberapa cara, salah satunya dibawah oleh imigran-imigran muslim.

Selain itu, sejarah-sejarah negara Eropa tidak bisa dilepaskan dengan Islam. Perluasan Islam di Eropa terjadi setelah dinasti persia yang beragama muslim menaklukkan beberapa negara di Eropa pada awal abad ke-16. Berikut ini 5 negara Eropa dengan populasi Islam terbanyak :

Austria (Sekitar 340.000 umat dari 8.2 juta penduduk)
Pada tahun 1908, negara Bosnia-Herzegovina diambil alih oleh Austria-Hungaria. Kala itu sejumlah besar muslim hidup di bawah pemerintahan Austria, sebagian besar muslim di Austria adalah masyarakat keturunan Turki.

ilustrasi warga muslim Austria

Selain itu, orang-orang dari daerah Balkan pindah ke Autria ketika Yugoslavia terjadi pada tahun 1990-an. Sekarang islam diakui sebagai salah satu agama resmi negara tersebut hingga masuk kurikulum pengajaran di sekolah-sekolah.

Swiss (Sekitar 311.000 umat dari 7.4 juta penduduk)
Agama islam pertama kali datang ke Swiss dengan dibawa oleh para pekerja asal Turki, Yugoslavia, dan Albania sekitar awal tahun 1960-an.

ilustrasi warga muslim Swiss

Populasi warga muslim di Swiss meningkat drastis sebanyak dua kali lipat dalam beberapa tahun terakhir. Namun data statistik setempat, sekitar 150.000 muslim di Swiss merupakan penduduk illegal.

Denmark (Sekitar 270.000 umat dari 5.4 juta penduduk)
Umat muslim berdatangan dari Turki, Pakistan, Maroko, dan Yugoslavia ke Denmark pada tahun 1970-an. Seperti Swiss, sebagian besar dari mereka datang dengan alasan untuk bekerja.

ilustrasi warga muslim Denmark

20 tahun kemudian, sebagian besar warga muslim yang menetap di Denmark adalah pengungsi Iran, Irak, Somalia, dan Bosnia. Meskipun jumlah mereka banyak, saat kehidupan masyarakat muslim di Denmark tidak begitu baik, pasalnya lowongan kerja dan akses perumahan kurang dari pemerintah sangat dibatasi.

Belanda (Sekitar 945.500 umat dari 16.3 juta penduduk)
Masuknya muslim di Belanja sebagian besar berasal dari negara jajahan Belanda seperti Suriname dan Indonesia. Selain itu, warga muslim di Belanda diisi oleh pendatang dari Somalia, Turki, dan Maroko.

ilustrasi warga muslim Belanda

Umat muslim di Belanda berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. Karena negara kincir angin ini merupakan salah satu negara yang menjunjung multikulturalisme, maka umat muslim di Belanda bisa hidup berdampingan dengan umat agama lain.

Perancis (Sekitar 6 juta umat dari 62.3 juta penduduk)
Perancis adalah negara dengan penduduk muslim terbanyak di Eropa Barat. Sebagian besar dari mereka berasal dari negara-negara bekas jajahan Perancis seperti Aljazair, Maroko, dan Tunisia.

ilustrasi warga muslim Prancis

Saat ini pemerintahan Perancis mengelola secara ketat pemisahan antara agama dan kehidupan masyarakat. Adanya larangan terhadap pengedaran simbol-simbol negatif dan juga penggunaan hijab di sekolah.