Kenapa Kita Harus Mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam

Berita MuslimNabi Muhammad SAW merupakan nabi terakhir yang diutus oleh Allah SWT untuk memberikan petunjuk bagi seluruh umat manusia. Sebelum Rasulullah, Allah SWT telah banyak mengutus para nabi sebelumnya.

Seperti masa sekarang, di antara umat-umat terdahulu ada yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, ada juga yang tidak. Ada yang patuh dengan perintah Rasulullah, ada yang membantah, tidak sedikit pula yang memusuhi.

Maka dari itu kita wajib belajar kisah-kisah sejarah umat terdahulu. Hal itu dimaksudkan supaya kita semua bersedia mencontoh dan meniru yang baik, serta menghindari yang buruk dari perilaku mereka.

Allah mengisyaratkan pentingnya belajar sejarah dalam firman-Nya,

اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ. صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ.

Artinya: “Tunjukkanlah kami kepada jalan yang lurus, (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.” (QS. Al-Fatihah: 6-7)

Dalam ayat ini Allah memerintahkan umat manusia untuk meneladani jalan lurus yang dialami oleh orang-orang yang memperoleh nikmat, dan menghindari kesesatan orang-orang yang dimurkai Allah.

Oleh karena itu kita harus mencari tahu sejarah tentang umat yang berhasil. Begitu juga, kita harus mengetahui dan mengkaji sebab-sebab kesesatan dan kebinasaan umat yang celaka mendapat murka-Nya. Itulah manfaatnya mempelajari sejarah.

Firman yang lain memberitahu kita bahwa Allah SWT memerintahkan umat manusia mengunjungi tempat-tempat bersejarah, untuk mengetahui betapa berat akibat yang ditimpakan kepada mereka yang tidak mematuhi para rasul.

Dalam Alquran kita diperlihatkan tentang kaum Nabi Nuh AS yang ditenggelamkan oleh banjir bandang karena mereka tidak patuh dengan Sang Nabi. Sedangkan mereka yang patuh diselamatkan dengan bahtera Nabi Nuh.

Ada juga kisah kaum ‘Ad yakni kaum Nabi Hud AS yang dibinasakan dengan badai angin yang menghancurkan semua yang diterjangnya. Kemudian ada kisah kaum Tsamud yakni kaum Nabi Saleh yang dibinasakan dengan hentakan suara malaikat hingga nyawa mereka pergi meninggalkan raga. Dan masih banyak lagi kisah kaum-kaum terdahulu yang ada di dalam Alquran.

Selain mempelajari cerita kaum-kaum yang dimusnahkan, dengan mengkaji sejarah kita juga bisa mengetahui kisah keberhasilan orang-orang yang beriman kepada Allah SWT. Kesabaran Nabi Nuh yang berdakwah selama 950 tahun, atau ketabahan nabi Ibrahim AS saat harus menyembelih anaknya sendiri, Nabi Yusuf AS.