Manfaat Mengkonsumsi Buah Anggur, Buah Kesukaan Rasulullah

Berita Muslim – Sesungguhnya anggur merupakan buah-buahan yang lezat dan banyak sekali manfaatnya. Oleh sebab itu, tidak heran kalau banyak orang menyukai anggur. Bahkan Allah SWT mengisahkan buah anggur dalam Al-Qur’an. Allah berfirman :

Kami ciptakan di sana kebun-kebun kurma dan anggur.” (Yasin:34).

Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa mendapat kemenangan, (yaitu) kebun-kebun dan buah anggur.” (An-Naba’: 31-32).

Apakah ada salah seorang di antara kalian yang ingin mempunyai kebun kurma dan anggur?” (Al-Baqarah: 266).

Diriwayatkan dalam sebuah hadist bahwa buah anggur merupakan salah satu buah-buahan berair yang menjadi kesukaan Nabi Muhammad SAW.

Seperti yang dicantumkan dalam Al-Qur’an bahwa anggur merupakan salah satu buah tertua sepanjang sejarah. Buah anggur bahkan disebut pula dalam Taurat dan legenda-legenda klasik. Tidak diketahui secara pasti di mana buah anggur pertama kali ditemukan, karena ia disebut hampir di semua cerita-cerita masa lalu, mulai dari China di kawasan timur jauh, di puncak Hindia nan tinggi, sampai ke segala penjuru bumi. Namun, besar kemungkinan di Asia Barat anggur pertama kali ditemukan dan diyakini sebagai tanaman merambat yang ditanam secara tidak sengaja.

Agak sulit menguraikan manfaat apa yang ada dalam buah anggur. Beberapa ahli gizi menyetarakannya dengan susu, namun beberapa ahli lainnya menegaskan bahwa buah anggur memiliki keistimewaan yang tak dimiliki oleh susu.

Apa pun itu, anggur adalah buah yang paling banyak manfaat dalam kandungan serta produk-produk yang dihasilkannya. Tidak hanya itu, anggur berperan penting dalam pertumbuhan, penguatan, dan perbaikan jaringan tubuh dan juga bisa mengobati dan mencegah terjadinya berbagai penyakit.

Anggur juga mengandung vitamin A, B, dan C yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Kandungan mineral anggur pun cukup tinggi, yaitu potassium yang mencapai 62%, kalsium, magnesium, fosfor, dan zat besi yang mencapai 2,182%, asam dan fosfor sebanyak 17%.

Banyak makan anggur tidak memiliki efek samping bagi manusia, walaupun kita makan sampai tiga kilogram sehari misalnya. Namun, syaratnya usus harus dalam kondisi sehat dan tidak sedang mengalami peradangan.

Penelitian membuktikan bahwa jus anggur lebih kaya manfaat ketimbang jus strawberry dan semangka dalam hal kandungan mineral pembentuk darah dan kadar kalsium pembentuk tulang, gigi, dan tulang rawan. Selain itu, jus anggur mengandung sejumlah besar gula yang mudah dicerna oleh tubuh.