Mau Beribadah Haji? Siapkan Diri Sejak Dini Karena 3 Alasan Ini

Berita Muslim – Menjalankan rukun Islam yang kelima, yakni menunaikan ibadah haji merupakan impian semua umat Muslim. Nah, supaya impian tersebut bisa diwujudkan dan dijalankan dengan nyaman, maka perlu persiapkan sejak dini.

Seperti dalam informasi yang dilansir dalam situs resmi Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyyah (Jatman) beberapa waktu lalu, ada tiga alasan mengapa umat muslim sebaiknya mempersiapkan ibadah haji sejak dini. Berikut ini :

Ibadah haji Akan Menguras Fisik
Tidak seperti ibadah lain dalam rukun Islam, seperti salat, puasa dan zakat, ibadah haji mengharuskan kita menjalankan kegiatan keagamaan yang bisa menguras fisik. Seperti thawaf, wukuf, sa’i, dan melontar jumrah.

Wukuf Haji

Dengan melakukan persiapan dan melatih diri melakukan aktivitas-aktivitas ini sejak dini, Insya Allah kita bisa lebih siap dan nyaman ketika melaksanakan Ibadah haji di Tanah Suci.

Kedua, Antrean Haji Panjang
Sudah menjadi rahasia umum bahwa antrean calon jamaah haji sangat panjang, untuk ONH biasa kita bisa menunggu lebih dari 10 tahun untuk bisa berangkat. Contohnya daftar tunggu calon jamaah haji DKI Jakarta mencapai 20 tahun. Artinya kalau mendaftar umur 25 tahun, maka kita baru bisa berangkat saat berusia 45 tahun.

Antrean pendaftaran Haji

Itu sebabnya kita harus melakukan persiapan ibadah haji sedini mungkin. Jika memang mampu atau punya biaya sekarang, segera daftarkan diri supaya ketika kita sudah bisa berangkat, usia tidak terlalu tua.

Ibadah Haji Perlu Finansial yang Cukup
Seperti dalam poin kedua, biaya pendaftarannya saja Rp25 juta, belum lagi nanti ketika tahun pemberangkatan tiba, maka calon jamaah harus melakukan pelunasan. Dengan kondisi seperti ini kita harus mempersiapkan finansial dengan sebaik mungkin.

Ongkos Naik Haji

Ini pula menjadi salah satu alasan tentang kenapa persiapan haji seorang Muslim harus dilakukan sejak dini. Jika secara finansial belum mencukupi, kita harus menabung sampai saldo mencukupi untuk mendaftar, yakni sebesar Rp25 juta.

Jika 3 hal diatas sudah kalian cukupi, segera daftarkan diri agar mendapat nomor porsi haji dari Kementerian Agama Republik Indonesia.